Business Intelegence -- BI  

Pada kuliah awal Trimester ini saya sempat mendengar istilah Business Intelegence,saya sendiri bingung kenapa Business Intelegence dan bagaimana implementasinya. Apakah Business Intelegence memiliki hubungan erat dengan Artificial Intelegence? beberapa hari setelah kuliah saya searching untuk menemukan beberapa pertanyaan tersebut, kemudian saya ingin mendokumentasikan artikel tersebut di blog ini supaya bisa diingat!!!

Business intelligence dikategorikan sebagai aplikasi dan teknologi untuk mengumpulkan, menyimpan, menganalisis dan menyediakan akses ke data guna membantu penggunanya mengambil keputusan bisnis secara lebih baik. Aplikasi ini mencakup aktivitas sistem pendukung keputusan, query, reporting, online analytical processing (OLAP), statistical analysis, forecasting, dan data mining. Singkat kata, BI dibutuhkan untuk mengubah data mentah menjadi informasi pendukung pengambilan-keputusan perusahaan dan proses bisnis.
Tujuan business intelligence adalah mengurangi volume data agar menjadi informasi yang berguna: profile customer, kebiasaan berbelanja, tingkat profitabilitas produk, dan strategi kompetitif. Seringkali ini dilakukan dengan menggunakan analisis tingkat lanjut untuk "menggali" volume data agar mendapat hubungan dan wawasan penting dalam data. Dengan business intelligence data diringkas menjadi laporan untuk berbagi informasi dengan orang di dalam dan di luar organisasi.
Istilah BI sendiri entah itu dari vendor atau dari dunia pendidikan
saya tidak terlalu peduli. Mengapa? Karena istilah tersebut bagi saya
cukup mudah dan merangkum semua jargon-jargon yang menurut saya malah
membingungkan: ada Knowledge and Data Engineering, Decision Support
System, Executive Information System, Performance Scorecard, ETL,
Data Warehousing, Data Mining, dsb.

Saat ini, business intelligence umumnya difokuskan pada data customer sebuah perusahaan, data layanan dan produk, dan data kampanye pemasaran. Pengetahuan (knowledge) customer, pasar, dan penawaran pasar merupakan hal penting dalam menentukan sukses dalam Ekonomi Pengetahuan. Yaitu, sebuah ekonomi yang dipengaruhi informasi, penerapan wawasan ke dalam informasi tersebut untuk menjaga keuntungan kompetitif, dan meningkatkan pangsa pasar serta profitabilitas.

Penerapan business intelligence merupakan jantung sistem Knowledge Economy--sistem bisnis yang difokuskan pada pengumpulan, penganalisisan, dan penggunaan bersama informasi yang dipelajari organisasi tersebut mengenai proses bisnis penting, dan "praktek terbaik" dalam kegiatan operasional.

Faktor penting dalam Knowledge Economy adalah kecepatan dalam mencapai pasar (speed to market), fleksibilitas beradaptasi terhadap perubahan kebutuhan customer, pilihan produk yang lebih banyak bagi customer, dan pencarian cara inovatif dalam mengelola suplai dan secara efisien menyediakan produk dan layanan.

ternyata memang benar dugaan saya sebelumnya,BI memiliki hubungan dengan Artificial Intelegence,meskipun saya masih belum tahu se-erat apa hubungannya.sebenarnya masih banyak lagi artikel yang saya dapat di internet,tapi saya pikir mungkin untuk sementara saya ketahui aja dulu bagian luar dari BI ini, untuk lebih dalamnya akan coba-coba saya cari lagi...

semoga artikel ini sangat bermanfaat untuk anda

AddThis Social Bookmark Button

0 komentar

Posting Komentar