Buat Mereka yang baru merasakan Kerasnya Bangku Kuliah  

Beberapa waktu lalu, gw pernah ditanya sama seorang anak teknik angkatan 2005 tentang apa-apa aja yang harus dipersiapkan semasa kuliah agar pas lulus nanti gampang dapet kerja. Waktu itu gw, secara spontan, cuma jawab seadanya. Begitu sampe kamar gw merenung sebentar, dan menyadari betapa pentingnya jawaban gw disampaikan secara akurat buat anak itu. Di dunia pasca kampus, gw sering menemukan teman-teman yang menyesali masa kuliahnya karena modal ilmu buat dia kerja belum cukup. Sebagian diantara mereka ada yang beralasan kalo dulu waktu kuliah, dia terlalu naïf, dan ga coba membuka wawasan tentang dunia kerja. Hal itu bikin dia lalai, dan memandang kuliah dengan sempit : sebagai satu jalan mendapat gelar sarjana.

So, gw putuskan untuk mencari tau dan memberikan jawaban terbaik yang bisa gw kasih ke dia. Dan sekarang, jawaban itu coba gw share disini, khusus buat loe-loe yang masih ada di kampus...

  1. English is a must

Sampai sejauh ini, dari sekian puluh pengumuman lowongan pekerjaan yang gw liat di internet, gw Cuma nemu kurang dari lima perusahaan yang ga mensyaratkan kemampuan berbahasa inggris dalam requirement calon karyawannya. Bukan hanya itu, era pasar bebas bakalan ngebuat probabilitas kita dealing dengan orang asing di dunia kerja semakin besar, dan saat itu, bahasa inggris mutlak diperlukan.

  1. Be familiar with computer.

Syarat menguasai beberapa program computer, juga selalu gw temukan di requirement perusahaan….. Ya iyalah, secara sekarang dunia ini udah “diputer” pake makhluk yang namanya komputer itu.

  1. IP diatas 3 cuy….

Banyak orang bilang, IP ga menentukan yang terbaik, tapi hasil terbaik mungkin dimulai dari IP. Nyatanya buanyak buanget perusahaan yang berasumsi mereka yang punya IP lebih besar 3, lebih tahu harus berbuat apa di dunia kerja. Minimal, IP 3 mengindikasikan mereka adalah orang yang mau berusaha untuk mendapatkan hasil yang terbaik.

  1. Cobalah untuk mencicipi organisasi kampus

Cukup banyak loh perusahaan yang require pengalaman berorganisasi pada calon karyawannya. Asumsi mereka adalah orang-orang yang aktif berorganisasi di kampus lebih punya confident untuk dealing dengan orang lain, selain itu, organisasi jadi indikasi aktif atau tidaknya seseorang dalam bekerja. Asumsi lain adalah bahwa organisasi adalah simulasi kecil-kecilan dari dunia kerja. So cobalah berorganisasi, walaupun cuma jadi staff di himpunan jurusan.

  1. Tingkatkan skill komunikasi.

Tips: sering sering liat acara berita di TV. Dari situ lu bakal dapet banyak informasi terkini (makin luas wawasan, makin jago loe ngomong), plus belajar cara ngomong yang elegan dari si pembaca berita.



saya pikir ini info yang sangat berharga bagi para mahasiswa yang merasa senasib dengan saya.semoga informasi ini sangat berguna untuk masa depan kita

HIdup Mahasiswa !!!!!!


AddThis Social Bookmark Button

1 komentar

Posting Komentar