Di Luar Dugaan!!!  

saat ini memang banyak orang yang bilang belajar open source itu susah dan memerlukan waktu yang lama untuk migrasi dari Software berlicense ke Software gratisan..he he he
kali ini saya punya pengalaman baru,yah kejadian ini memang diluar dugaan saya..

Hari Kamis, Kliwon (kata orang jawa) Tanggal 7 Febuari 2008 saya dihubungi oleh Mr. Tams untuk bersama-sama dengan beliau memberikan pelatihan Teknologi Informasi selama 3 hari untuk para Pengusaha Kecil di sebuah kabupaten di karisidenan Banyumas yaitu purbalingga, tanpa berpikir panjang saya langsung menyanggupi tawaran beliau. hitung-hitung punya pengalaman jadi Trainer di luar kota. kali ini saya tidak sendiri tapi teman saya STR yang doyan ngeblog juga ikut serta dalam tour tersebut..he he he (kaya artis aja,pake tour segala). pukul 17.00 wib mobil panther biru menjemput kami bertiga di depan kampus saya. mobil langsung melaju kencang menuju purbalingga, dalam perjalanan tour tersebut kami membicarakan banyak hal,mulai dari yang formal sampai dengan yang ga masuk akal..he he he .pada pukul 10.00 WIB mobil kami tiba di kawasan kabupaten Purbalingga,namun terjadi hal-hal di luar pikiran saya,yah kami kesasar sekitar 10 kilometer di daerah purbalingga..padahal saya sering ke purbalingga,setelah berputar-putar dan bertanya kepada penduduk sekitar akhirnya kami tiba di kota Purbalingga. kami tiba di hotel sekitar pukul 10.30. kemudian kami lanjutkan dengan makan malam.
keesokan harinya kami harus bersiap-siap untuk menuju tempat pelatihan/training.pelatihan kali ini diselenggarakan di sebuah warnet. yang mengejutkan lagi sistem operasi yang digunakan oleh warnet tersebut adalah Linux, ini diluar dugaan saya,karena saya terbiasa menggunakan sistem operasi Windows. dalam pelatihan tersebut beberapa materi yang diajarkan adalah Dasar Internet Marketing,membuat Blog, dan Design Graphic. mr. Tams mendapat jatah untuk memberikan materi tentang Internet Marketing, STR mendapat jatah memberikan pelatihan pembuatan Blog, dan saya sendiri tentang Design Graphic. Hari pertama dibawakan oleh mr.Tams dan STR, Hari kedua jatah saya untuk memberikan pelatihan Design Graphic,kali ini diluar dugaan lagi karena software pendukung yang biasanya saya gunakan untuk desain yaitu Adobe Photoshop tidak terdapat dalam sistem operasi tersebut. yang digunakan dalam OS Linux adalah GIMP,untung saja saya pernah menggunakannya sehingga saya tidak canggung dalam memberikan pelatihan desain. saya memberikan pelatihan bagaimana membuat header sebuah website perusahaan sendiri. banyak kejadian lucu pada saat saya sedang memberikan pelatihan, ternyata banyak juga peserta pelatihan yang baru pertama kali mengenal komputer pada saat pelatihan tersebut. akhirnya saya putuskan untuk memberikan pelatihan secara perlahan-lahan. singkat cerita header telah selesai didesain oleh peserta, akan siap dipublish di blog masing-masing. artinya meskipun dengan software gratisan open source yang banyak keterbatasannya kita masih bisa berkreasi. setelah belajar Desain materi dilanjutkan pada keesokan harinya dengan pelatihan pembuatan Blog yang dibawakan oleh STR, pada hari ke 3, para peserta diajarkan membuat blog,dan menggunakan fungsi-fungsi yang digunakan dalam blog. . setelah blog selesai peserta pelatihan diberi kesempatan untuk mempublikasikan blog masing-masing ke internet, rata-rata peserta merasa cukup senang dengan pelatihan ini,karena hanya dalam jangka waktu 3 hari mereka bisa mengenal dunia maya. namun banyak yang menyayangkan pelatihan hanya diselenggarkan dalam jangka waktu 3 hari. diakhir acara pembuatan blog,diadakan lomba blog terbaik yang dinilai berdasarkan content terbaik dan design header terbagus. pukul 16.00 wib menandakan pelatihan harus diakhiri,sebelum acara selesai saya,mr.tams dan STR diberi kesempatan untuk melakukan foto bersama dengan para peserta pelatihan.

AddThis Social Bookmark Button

0 komentar

Posting Komentar