Miskonsepsi tentang 'Hacker'  

Kali saya mendapatkan artikel yang cukup menarik,dan bisa menambah pengetahuan kita tentang apa sebenarnya 'Hacker' itu...apakah Kevin Midnick & Kapten Zap bisa disebut sebagai seorang hacker?untuk lebih jelasnya mungkin artikel berikut ini bisa membantu kita untuk menemukan jawabannya. sekali lagi artikel ini bukan murni tulisan saya,tapi saya copy & paste melalui blog guru saya..
selamat membaca


Dalam beberapa tahun ini terminologi hacking memang menjulang. Buku yang “tipis”, “instan” dan menggunakan judul “hacking” menjadi syarat baru penulisan buku-buku populer di Indonesia. Ini adalah permainan berbahaya dari para penerbit (yang diamini penulis) karena kerusakannya bisa sampai ke generasi muda kita. Membuat semakin kentalnya budaya bahwa ilmu pengetahuan bisa didapat dengan cara cepat, instan, bahkan cukup dengan modal buku setebal 20-50 halaman. Yang pasti hacker bukanlah craker, hacker membangun sesuatu sedangkan cracker merusaknya. Mari kita kupas tentang hakekat hacker dan hacking activities ini.

Sebagian besar literatur menyebut bahwa istilah dan budaya hacker pertama kali digunakan pada tahun 1961 ketika MIT mendapat kesempatan menikmati mesin PDP-1. Komputer pertama produksi DEC ini menjadi mainan favorit mahasiswa MIT khususnya yang tergabung di Tech Model Railroad Club. Mereka membuat alat-alat pemrograman, membuat banyak program, mengembangkan etika, jargon dan bahkan ngoprek PDP-1 sehingga menjadi mesin video-game generasi awal. Budaya inilah yang kemudian terkenal menjadi budaya hacker yang sebenarnya. Para hacker di Tech Model Railroad Club menjadi tim inti laboratorium penelitian Artificial Intelligence (AI) MIT yang menjadi pioneer dalam penelitian AI di dunia sampai saat ini.

Project ARPAnet yang dikembangkan oleh Departemen Pertahanan Amerika tak lepas dari campur tangan para hacker MIT ini. ARPAnet lah yang menyatukan budaya hacker dari berbagai “suku”, misalnya dari Standford University dan Carnegie Mellon University (CMU). Para hacker MIT bahkan akhirnya berhasil mengembangkan sistem operasi sendiri bernama ITS (Incompatible Time-Sharing System) yang legendaris, menggantikan TOPS-10 sistem operasi standard yang diproduksi oleh DEC untuk PDP-10. ITS awalnya dibangun dengan assembler, tapi kemudian diubah ke dalam bahasa LISP, bahasa pemrograman functional yang dekat dengan dunia Artificial Intelligence.

Kreasi lain dari para hacker MIT yang cukup legendaris adalah Emacs (karya Richard Stallman), editor favorit yang tetap dipakai oleh banyak programmer mesin unix sampai saat ini. Saya mengenal pertama kali Emacs ketika masuk kampus di Saitama University tahun 1995, saya gunakan untuk menulis semua laporan kuliah saya, membaca email, browsing web, membaca newsgroup dan bahkan Emacs jugalah yang saya gunakan untuk membangun IlmuKomputer.Com generasi awal. Selain hacker dari MIT, para hacker Stanford University dan CMU juga tidak mau kalah, mereka bahkan berhasil mengembangkan aplikasi bersekala besar berupa expert system dan robot industri.

Hacker dari Bell Labs bernama Ken Thomson yang dibantu oleh hacker lain bernama Dennis Ritchie dengan bahasa C-nya mengembangkan sistem operasi Unix. Kolaborasi Thomson dan Ritchie adalah kekuatan yang sangat fenomenal, karena mesin Unix dan bahasa C adalah formula manjur pengembangan sistem operasi Unix dari varian manapun sampai saat ini (BSD maupun System V dimana Linux termasuk didalamnya). Perlu dicatat juga bahwa pada tahun 1982, para hacker dari Stanford dan Berkeley yang dipimpin William (Bill) Joy mendirikan satu perusahaan bernama Sun Microsystem.

Era 1984 dimulainya berbagai episode cracking yang cepat terkenal karena diangkat oleh pers dan para jurnalis. Para jurnalis mulai keliru menyebut kejahatan komputer dan penyimpangannya sebagai sebuah “hacking activities” dimana pelakuknya disebut dengan hacker.

Hacker yang sebenarnya adalah seperti Richard Stallman yang berjuang dengan Free Software Foundation dan puluhan tahun bermimpi membangun sistem operasi bebas bernama HURD. Linux Torvald juga adalah seorang hacker sejati karena tetap komitmen dengan pengembangan kernel Linuxnya sampai sekarang. Kontributor dalam pengembangan Linux dan software open source lain juga adalah para hacker-hacker sejati.

Pelaku carding (penyalahgunaan kartu kredit), phreaking, dan defacing bukanlah hacker tapi mereka adalah cracker. Ungkapan legendaris dari Eric S Raymond dalam tulisan berjudul how to become a hacker, “hacker membangun banyak hal dan cracker merusaknya“. Hacker sejati adalah seorang programmer yang baik. Sesuatu yang sangat bodoh apabila ada orang atau kelompok yang mengklaim dirinya hacker tapi sama sekali tidak mengerti bagaimana membuat program. Sifat penting seorang hacker adalah senang berbagi, bukan berbagi tool exploit, tapi berbagi ilmu pengetahuan. Hacker sejati adalah seorang penulis yang mampu memahami dan menulis artikel dalam bahasa Ibu dan bahasa Inggris dengan baik. Hacker adalah seorang nerd yang memiliki sikap (attitude) dasar yang baik, yang mau menghormati orang lain, menghormati orang yang menolongnya, dan menghormati orang yang telah memberinya ilmu, sarana atau peluang.

Bukanlah sifat seorang hacker apabila diberi kepercayaan memegang administrasi di sebuah server malah memanfaatkannya untuk kegiatan cracking. Atau bahkan kemudian menyerang dan menghancurkan server dari dalam ditambahi dengan memberi ejekan kepada pemilik server yang telah memberinya kesempatan. Dengan terpaksa saya sampaikan, sayapun pernah mengalaminya. Selama ini saya selalu mendukung movement anak-anak muda di dunia maya, saya senang dengan semangat mereka. Ratusan komunitas saya beri domain dan hosting gratis sebagai reward perdjoeangan mereka karena mau sharing knowledge ke teman-teman lain di tanah air. Sayangnya ada cracker yang mengaku hacker (meski tidak memiliki attitude sebagai hacker) yang mempermainkan peluang ini. Setelah puas membuat satu dedicated server yang berisi ratusan situs komunitas lain di-shutdown perusahaan penyedia server karena kegiatan phreaking yang dia lakukan, masih sempatnya mengumpat saya dengan sebutan-sebutan yang tidak manusiawi. Apakah saya kapok? Tidak :) Saya akan tetap memberi kepercayaan, dukungan server dan domain gratis bagi aktifis-aktifis dunia maya.

Hacker bukanlah orang dengan nickname, screenname atau handlename yang lucu, konyol dan bodoh. Eric S Raymond menyebut bahwa menyembunyikan nama, sebenarnya hanyalah sebuah kenakalan, perilaku konyol yang menjadi ciri para cracker, warez d00dz dan para pecundang yang tidak berani bertanggungjawab atas perbuatannya. Hacker adalah sebuah reputasi, mereka bangga dengan pekerjaan yang dilakukan dan ingin pekerjaan itu diasosiasikan dengan nama mereka yang sebenarnya. Hacker tidaklah harus orang komputer, karena konsep hacking adalah para pembelajar sejati, orang yang penuh antusias terhadap pekerjaannya dan tidak pernah menyerah karena gagal. Dan para hacker bisa muncul di bidang elektronika, mesin, arsitektur, ekonomi, politik, dsb.

Meluruskan pemahaman masalah hacker adalah proyek penyelamatan generasi dan perbaikan bangsa. Dan ini bisa dimulai dengan memperbaiki kurikulum pendidikan kita sehingga mampu mendidik mahasiswa kita menjadi hacker sejati. Dan marilah kita bersama-sama berdjoeang supaya menjadi hacker yang bisa memberi manfaat dan yang bisa memperbaiki republik ini dari keterpurukan.

AddThis Social Bookmark Button

8 komentar

  • Anonim  
    01 Desember, 2009

    Hi !.
    You re, I guess , probably curious to know how one can manage to receive high yields .
    There is no need to invest much at first. You may start earning with as small sum of money as 20-100 dollars.

    AimTrust is what you need
    The company represents an offshore structure with advanced asset management technologies in production and delivery of pipes for oil and gas.

    It is based in Panama with offices around the world.
    Do you want to become really rich in short time?
    That`s your choice That`s what you wish in the long run!

    I`m happy and lucky, I began to get real money with the help of this company,
    and I invite you to do the same. If it gets down to choose a correct companion utilizes your savings in a right way - that`s it!.
    I take now up to 2G every day, and what I started with was a funny sum of 500 bucks!
    It`s easy to get involved , just click this link http://igaqofor.o-f.com/dahili.html
    and go! Let`s take our chance together to become rich

  • Anonim  
    13 Desember, 2009

    Good day !.
    You re, I guess , probably curious to know how one can make real money .
    There is no need to invest much at first. You may commense to receive yields with as small sum of money as 20-100 dollars.

    AimTrust is what you need
    The firm represents an offshore structure with advanced asset management technologies in production and delivery of pipes for oil and gas.

    Its head office is in Panama with offices everywhere: In USA, Canada, Cyprus.
    Do you want to become really rich in short time?
    That`s your choice That`s what you desire!

    I feel good, I began to get real money with the help of this company,
    and I invite you to do the same. It`s all about how to select a proper partner utilizes your savings in a right way - that`s the AimTrust!.
    I make 2G daily, and my first investment was 500 dollars only!
    It`s easy to start , just click this link http://hivanadyt.kogaryu.com/ipykexi.html
    and lucky you`re! Let`s take our chance together to feel the smell of real money

  • Anonim  
    13 Desember, 2009

    Hi !.
    You re, I guess , perhaps curious to know how one can collect a huge starting capital .
    There is no initial capital needed You may begin earning with as small sum of money as 20-100 dollars.

    AimTrust is what you thought of all the time
    The firm represents an offshore structure with advanced asset management technologies in production and delivery of pipes for oil and gas.

    It is based in Panama with affiliates everywhere: In USA, Canada, Cyprus.
    Do you want to become really rich in short time?
    That`s your choice That`s what you desire!

    I feel good, I began to take up real money with the help of this company,
    and I invite you to do the same. If it gets down to select a proper partner utilizes your funds in a right way - that`s it!.
    I take now up to 2G every day, and my first deposit was 1 grand only!
    It`s easy to start , just click this link http://nunocini.100megsfree5.com/rytaqys.html
    and lucky you`re! Let`s take our chance together to feel the smell of real money

  • Anonim  
    10 Januari, 2010

    Hello everyone!
    I would like to burn a theme at here. There is such a thing, called HYIP, or High Yield Investment Program. It reminds of ponzy-like structure, but in rare cases one may happen to meet a company that really pays up to 2% daily not on invested money, but from real profits.

    For several years , I make money with the help of these programs.
    I don't have problems with money now, but there are heights that must be conquered . I get now up to 2G a day , and I started with funny 500 bucks.
    Right now, I'm very close at catching at last a guaranteed variant to make a sharp rise . Visit my web site to get additional info.

    http://theblogmoney.com

  • Anonim  
    14 Januari, 2010

    Hi!
    You may probably be very curious to know how one can manage to receive high yields on investments.
    There is no initial capital needed.
    You may commense to get income with a money that usually goes
    on daily food, that's 20-100 dollars.
    I have been participating in one company's work for several years,
    and I'll be glad to let you know my secrets at my blog.

    Please visit blog and send me private message to get the info.

    P.S. I earn 1000-2000 per daily now.

    [url=http://theinvestblog.com] Online investment blog[/url]

  • Anonim  
    10 Maret, 2010

    Good day!

    Sure, you’ve heard about me, because my fame is running in front of me,
    friends call me Nikolas.
    Generally I’m a venturesome analyst. all my life I’m carried away by online-casino and poker.
    Not long time ago I started my own blog, where I describe my virtual adventures.
    Probably, it will be interesting for you to find out my particular opinion on famous gambling projects.
    Please visit my web page . http://allbestcasino.com I’ll be glad would you find time to leave your comments.

  • Anonim  
    02 November, 2010

    Thanks for some quality points there. I am kind of new to online , so I printed this off to put in my file, any better way to go about keeping track of it then printing?

  • Anonim  
    30 Januari, 2013

    Я прожила с мужем 25 лет, помогала ему всю жизнь. Если он достиг всего и стал успешным и богатым, появилась она... Из любящего и нежного выше благоверный превратился в чужого и агрессивного дядьку. Я нашла в себе силы собрать ему вещи и сказала: "Если ты беспричинно её любишь, иди, зачем же ты продолжаешь биться со мной?" Он ушёл... Когда человек, кто был в моей жизни всем и которому я отдала свою молодость, здоровье, энергию не оценил меня, сколько я могу дать ещё кому-то? За что меня любить? Не знаю, век ли продержусь... [url=http://profvesti.ru/o-stroitelstve-zabora/89-stroitelstvo-zaborov-iz-profnastila.html]ремонт квартир в королеве[/url]

Posting Komentar